Radio Semut

Minggu, 26 Juni 2011

Clara Rockmore - The Art of the Theremin (1987)



Theremin awalnya dikenal dengan nama Aetherphone / Etherophone, Thereminophone, atau Termenvox / Thereminvox adalah instrumen elektronik awal yang dimainkan tanpa kontak fisik dengan pemainnya. Profesor Léon Theremin adalah penemu alat ini dan mempatenkannya pada tahun 1928, alat ini biasanya terdiri dari 2 antena kontrol satu antena berfungsi sebagai kontrol osilator untuk sensor frekuensi yang merasakan posisi tangan pemain dan satu antena berikutnya berfungsi sebagai kontrol amplitudo atau volume sehingga alat ini dapat dimainkan tanpa disentuh kemudian sinyal listrik dari theremin diamplifikasi dan dikirim ke pengeras suara.

Kinerja Theremin menyajikan dua tantangan yaitu : dimainkan tanpa ada kunci, katup, frets, atau finger-board dan meminimalisir portamento yang tidak diinginkan yang ada pada Theremin. Tantangan untuk mengendalikan tinggi atau rendahnya nada seperti pada biola atau trombone dikarenakan Theremin dapat menghasilkan nada dari seluruh rentang nada termasuk nada-nada yang sudah menjadi standar konvensional. Tidak seperti instrumen musik lainnya, Theremin tidak memiliki ketegangan seperti pada senar di finger-board atau penahan udara seperti fungsi katup pada instrumen musik tiup, pemain hanya mengandalkan pada apa yang didengar dan hanya bisa memperbaiki tinggi atau rendah nada pada titik nol beberapa Theremin profesional memiliki headphone tambahan untuk memantau volume sebelum volume tersebut berubah.

Clara Rockmore adalah salah satu pemain theremin yang handal, lahir di Lithuania pada tanggal 9 Maret 1911 dan meninggal pada 10 Mei 1998. Rockmore adalah seorang anak yang pandai bermain biola ia masuk di Imperial Conservatory of Saint Petersburg pada usia 5 tahun. Dia belajar biola dibawah asuhan seorang virtuoso yang bernama Leopold Auer dan sampai sekarang Rockmore masih tercatat sebagai mahasiswa termuda yang diterima di lembaga tersebut. Karena masalah tulang yang diakibatkan kekurangan gizi pada masa kanak-kanaknya Clara Rockmore terpaksa meninggalkan biola pada masa remajanya tetapi kemudian dalam perjalanannya ia akhirnya menemukan theremin ketika alat musik elektronik itu lahir dan tercatat sebagi pemain theremin  wanita yang terkenal.


Judul Lagu

1.  Vocalise - Rachmaninoff
2.  Song of Grusia
3.  The Swan - Saint-Saens
4.  Pantomime - De Falla
5.  Hebrew Melody - Achron
6.  Romance - Wienawski
7.  Berceuse - Stravinsky
8.   Piece en forme de Haban - Ravel
9.   Berceuse - Tchaikovsky
10. Valse Sentimentale - Tchaikovsky
11. Serenade Melancolique - Tchaikovsky
12. Chant du menestrel - Glazunov




Sebuah album yang unik, permainan theremin yang diiringi piano dengan repertoar musik klasik komposer-komposer Eropa. Aplikasi dari penjelasan singkat tentang bagaimana tantangan yang ada pada theremin dan bagaimana bunyi theremin dimainkan untuk jenis musik klasik ada di album ini, jika teman teman tertarik untuk mendengar bagaimana Clara Rockmore mengatasi tantangan dalam bermain theremin silahkan klik kata berikut CCRROOTT

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Favorites More