Radio Semut

Selasa, 28 Juni 2011

Brian Eno - Another Green World (1975)




Brian Peter George St. John le Baptiste de la Salle Eno atau umumnya disingkat Brian Eno sebelumnya hanya Eno lahir pada 15 Mei 1948, adalah musisi, komposer, produser rekaman, teoritisi musik, penyanyi dan seniman visual, Eno dikenal juga sebagai salah satu tokoh utama penemu musik ambien. Karir musik profesional Brian Eno dimulai di London sebagai anggota dari sebuah grup band bernama Roxy Music (1971-1973), pada awalnya Eno tidak muncul bersama anggota band lainnya jika dalam sebuah konser melainkan mengoperasikan peralatan mixer untuk mencampur suara-suara dengan VCS3 synthesizer dan tape recorder, dan sebagai penyanyi pendukung, seiring perjalanan band tersebut Eno mulai muncul ditiap pertunjukan dengan ciri khas kostumnya yang flamboyan. Brian Eno keluar dari Roxy Music setelah merampungkan promosi album kedua band tersebut yang bertajuk For Your Pleasure dengan alasan ia jenuh pada kehidupan seorang bintang rock selain ada masalah perbedaan pendapat dengan Bryan Ferry yang tidak lain adalah vokalis utama dari Roxy Music.

Setelah keluar dari Roxy Music, Eno segera memulai karir solonya dalam rentang waktu dari 1973 dan 1977 ia menghasilkan empat album pop yang terpengaruh pada musik elektronik yaitu Here Come the Warm Jets, Taking Tiger Mountain (By Strategy), Another Green World, Before and after Science. Dua album terakhir berisi lagu-lagu instrumental minimalis dalam gaya yang disebut ambien. 

Another Green World adalah album ketiganya diproduseri oleh Rhett Davies dan Eno sendiri kemudian dirilis oleh Island Records pada tahun 1975. Album ini berisi lirik-lirik bernafaskan rock dan menekankan pada kekuatan instrumen yang menandai perubahan Eno dari album-album sebelumnya. Inilah awal eksperimen yang dilakukan Eno dengan menggunakan sounscape yang abstrak, hampir sebagian besar lagu dalam album ini adalah instrumental dengan lirik yang minimal serta menghadirkan bunyi-bunyian yang aneh karya Eno, beberapa musisi tamu unggul termasuk Robert Fripp, John Cale, Percy Jones, dan Phil Collins ikut serta membantu dalam proses pengerjaan album ini.


Judul Lagu

1. Sky Saw
2. Over Fire Island
3. St. Elmo's Fire
4. In Dark Trees
5. The Big Ship
6. I'll Come Running
7. Another Green World
8. Sombre Reptiles
9. Little Fishes 
10. Golden Hours
11. Becalmed
12. Zawinul/Lava
13. Everything Merges With the Night
14. Spirits Drifting

 
Silahkan buktikan bagaimana eksperimen awal dari Brian Eno dalam album ini dengan mengklik kata berikut CCRROOTT

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Favorites More