Radio Semut

Kamis, 23 Juni 2011

Jamaica - Mento 1951-1958 (2010)





Mento adalah gaya musik rakyat Jamaika yang mendahului musik ska ataupun reggae, untuk singkatnya mento adalah kakek moyang dari musik ska ataupun reggae yang sudah diketahui secara luas di luar Jamaika itu sendiri. Bagi penggemar ska atau reggae, musik mento bukan hal yang asing lagi karena bunyinya yang familiar dan eksotik. Instrumen-instrumen musik yang biasa digunakan untuk musik mento antara lain gitar akustik, banjo, drum tangan, dan sebuah mbira (salah satu instrumen dari afrika) yang berukuran besar berbentuk sebuah kotak yang dapat diduduki ketika sedang dimainkan atau disebut rhumba box. Rhumba box berfungsi sebagai seksi bas pada musik Mento.

Sejarah musik mento berawal di Jamaika pada abad ke-19, mento secara unik berpadu dengan musik tradisonal Afrika dan Eropa. Pada tahun 1920an para musisi jazz Karibia merekam beberapa lagu-lagu mento ke dalam bentuk vinyl kemudian pada tahun 1930an dan 1940an Slim dan sam, duo penampil musik mento melakukan pertunjukan di Kingstown yang akhirnya mereka dikenal dan diingat sampai sekarang.
Masa keemasan musik mento adalah pada tahun 1950an ketika banyak artis-artis Jamaika melakukan rekaman musik mento dengan berbagai gaya dan irama, masa itu adalah puncak popularitas dan kreatifitas musik mento serta menjadi kelahiran industri rekaman di Jamaika. Beberapa gaya musik mento berkembang menjadi ska dan reggae. 

Jaman keemasan mento berakhir ketika musik R&B meledak di Jamaika, musik R&B lebih terdengar moderen, lebih bersifat urban, mudah menarik pendengar untuk menari, dan kemudian R&B menjadi musik favorit di negara itu yang akhirnya menggeser posisi mento sebagai musik yang sebelumnya populer, namun mento masih tetap dimainkan dan direkam. Para produser dan operator sound system menangkap peluang adanya kesempatan bagi Jamaika untuk menerima lagi ledakan musik yang baru selain R&B mereka mengkombinasikan unsur-unsur mento dan R&B yang mengasilkan lagu-lagu era pra-ska, seperti Prince Buster memproduksi "Oh Carolina" dan tak mau kalah adalah Coxsone Dodd yang membentuk musisi-musisi jazz terbaik di Jamaika untuk meningkatkan ketrampilan mereka dalam mencampur musik-musik tersebut yang membuat ska meledak pada saat itu juga. Sebuah kemenangan karena musik baru telah dilahirkan di Jamaika persis dengan merdekanya negara tersebut pada tahun 1962 dan diikuti berakhirnya masa keemasan mento.


CD1

1 Day dah light - Louise bennett
2 Not me - Hubert porter
3 Brown skin girl - Ben bowers
4 Hosanna - Louise bennett
5 Iron bar/mas charley bell - Hubert porter
6 Solas market/water come a mi eye - Lord fléa
7 Donkey bray - Lord fléa
8 Donkey city - Lord fléa
9 Nebuchadnezzar - Laurel aitken
10 Mango time - Count lasher
11 Don't fence her in - Harold richardson
12 Take her to jamaica - Lord messam
13 Noisy spring - Boysie grant
14 Island gal sally - Count lasher
15 Linstead market and day o - The wigglers
16 Banana - Cecil knott and his joybell orchestra
17 Woman style - Chin's calypso sextet
18 Irene and yo'fr'en - Flea lord

CD2
1 Don't touch me tomato - The wigglers
2 Calypso medley - The wigglers
3 Magic composer - Lord fléa
4 Donkey city - Lord fly
5 Jamaica talk - Babba motta
6 Old lady you mash me toe - Hubert porter
7 The ole man's drive - Count lasher
8 Breadfruit season - Count lasher
9 It all began with adam and eve - Lord fléa
10 Limbo - The wrigglers
11 Mary ann - The wrigglers
12 Bargie - Hubert porter
13 Doctor - Count lasher
14 Biggest maracas - The wrigglers
15 Perseverance - Count lasher
16 Night food recipe - Chin's calypso sextet
17 Calypso cha cha - Count lasher
18 Sweet chariot - Laurel aitken


Tertarik untuk merasakan jaman keemasan musik mento melalui ruang dengar kawan-kawan semua? silahkan klik kata berikut CCRROOTT

 


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Favorites More