Radio Semut

Selasa, 07 Juni 2011

Zu - Carboniferous (2009)


Zu adalah band beranggotakan trio musisi yang berasal dari Ostia, sebuah kota yang berdekatan dengan ibukota Italia, terdiri dari Luca T. Mai pada saksofon bariton, Massimo Pupillo pada bas, dan Jacopo Battaglia pada drum. Band ini terbentuk pada tahun 1999 ketika para personel Zu sebelumnya membuat komposisi dan memainkannya untuk pertunjukan teater, Zu sudah mengeluarkan 14 album termasuk 2 album live dan split dan sudah bermain dilebih dari 1.000 acara panggung musik seluruh dunia termasuk di Eropa, Amerika, Rusia, Asia, bahkan Afrika. Pada tahun 2006 band ini melakukan tur dengan sebuah band perpaduan antara Fantômas dan The Melvins yang disebut Fantômas Melvins Big Band. 

Zu mungkin band yang paling dikenal di Amerika karena dalam proses bermusik mereka terdapat serombongan orang-orang hebat yang menjadi mitra mereka dalam melakukan proses rekaman, sebut saja Steve Mackay dari The Stooges, Joe Lally dan Guy Picciotto dari Fugazi, Thurston Moore dari Sonic Youth, Damo Suzuki dari Can, Ken Vandermark dan Mats Gustafsson, Han Bennink dan Hamid Drake, Eugene Chadbourne dan Nobukazu Takemura. John Zorn menggambarkan band ini sebagai "a powerful and expressive music that totally blows away what most bands do these days". Pada tahun 2009, melalui jajak pendapat Carboniferous terpilih sebagai Album Of The Year di majalah Rock-A-Rolla.

Walaupun sangat sulit untuk menentukan jenis musik Zu, tetapi musik mereka mempunyai ciri perpaduan antara math-rock, noise rock, jazz, grindcore, punk, dan hardcore. Dan tanpa maksud tidak menghormati pada tiap jenis musik apapun musik Zu adalah musik instrumentalia dengan permainan drum yang virtuoso, bas yang kuat serta permainan saksofon penuh distorsi. 

Judul lagu

01 Ostia
02 Chthonian
03 Carbon
04 Beata Viscera
05 Erinys
06 Soulympics
07 Axion
08 Mimosa Hostilis
09 Obsidian
10 Orc

Karya yang patut dijadikan bahan pembelajaran dan dapat menjadi pilihan dalam mengapresiasi musik bagi kita semua, tidak percaya? silahkan buktikan sendiri dengan mengklik kata berikut CCRROOTT

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Favorites More