Radio Semut

Kamis, 16 Juni 2011

Cerys Matthews - Explorer (2011)



Cerys Elizabeth Matthews tapi lebih dikenal dengan Cerys Matthews, lahir di Cardiff pada 11 April 1969 ia adalah penyanyi dari Wales, penulis lagu dan seorang vokalis sebuah band rock bernama Catatonia. Matthews mulai belajar memainkan gitar pada usia 9 tahun ia rajin melatih dirinya sendiri dengan musik blues dan musik folk Irlandia. Setelah dari Spanyol dimana ia belajar bahasa Spanyol dan Catalan serta sempat bekerja sebagai seorang pengasuh anak, ia bekerja di Pembrokeshire County Council kemudian kembali ke Cardiff lalu bergabung dengan komunitas musik lokal. Catatonia sendiri terbentuk pada tahun 1992 setelah salah satu gitaris band tersebut yaitu Mark Roberts melihat Matthews mengamen di pusat kota Cardiff. Cerys Matthews turut menulis lagu-lagu yang menjadi hits band tersebut seperti "You've Got a Lot to Answer For", "Mulder and Scully", "Dead From the Waist Down", and "Road Rage" dan turut bermain gitar sebelum Owen Powell yang akhirnya mengisi diposisi gitar 2 bergabung ke dalam band tersebut.

Setelah Catatonia bubar pada 21 September 2001 untuk pertama kalinya pada bulan desember 2001 Cerys Matthews merekam sebuah lagu berbahasa Inggris dan Wales untuk serial kartun pra-sekolah bertajuk Sali Mali. Cockahoop adalah debut pertama Mathhews, album ini diproses selama 7 bulan dan dirilis oleh Blanco y Negro Records pada bulan Mei tahun 2003. Bulan Juli dan Agustus 2006 ia mempromosikan album kedua yang diberi tajuk Never Say Goodbye dengan melakukan tur di Inggris, Irlandia, Wales, dan berakhir di Nashville. Pada tahun 2007 Matthews mengeluarkan mini album yang bertajuk Awyren = Aeroplane, mini album ini meraih penghargaan untuk kategori 'Contemporary Composition' dalam festival sastra, musik, dan performance di National Eisteddfod, penghargaan ini diberikan lagi setelah penganugerahan pertama kalinya pada tahun 1936. Kemudian pada 5 Oktober 2009 ia merilis album bertajuk Don't Look Down, album dirilis dalam dua bahasa yaitu Inggris dan Wales, album ini dalam versi Wales menjadi Paid Edrych i Lawr.

Explorer adalah album solonya yang keempat, Matthews menjelaskan bahwa album ini dibuat tidak hanya berlatar belakang dari musik-musik yang sudah ia dengar tapi juga tempat-tempat yang sudah pernah ia kunjungi serta masa dimana ia sudah menghabiskan waktu, tapi yang lebih penting album ini dikerjakan selama 7 hari dengan sound yang belum ditentukan atau format yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Perjalanan dimulai dengan lagu-lagu dari Spanyol, Skotlandia, Irlandia, Amerika, dan Wales. Ia menjelaskan lagi bahwa ia tidak bermaksud untuk mengeksplorasi perbedaan dari tiap lagu dengan lagu lainnya tapi dengan apa yang dimiliki bersama, dan bagaimana jika dimasukan secara berdampingan serta kemungkinan kesamaan kesederhanaan yang ada walaupun karakteristik tanah asal lagu tersebut beragam. Saat hendak masuk ke studio ia membayangkan suara yang terdengar aneh pada awalnya, suara-suara yang ada didalam pikirannya akan menjadi pesan pujian dalam lagu-lagunya, menciptakan perasaan yang memiliki esensi dari mana lagu-lagu berasal tapi juga suara-suara yang menambah sesuatu yang eksotis dan baru.

Judul Lagu
01. How Can You Say So Little When You Talk So Much
02. Avalanche
03. Who Fears The Garden, Fears Life
04. La Tarara
05. Wade In The Water
06. Galleon
07. Into The Derelict Night
08. Connemara Cradle Song
09. Eneth Gadd Ei Wrthod
10. Fortress Sails
11. Sweet Magnolia
12. Harbwr Corc
13. Ca' The Yowes

Perjalanan Cerys Matthews yang diceritakan dalam album ini memancing setiap yang mendengar keseluruhan album ini untuk mengikuti bagaimana ia menghabiskan waktu untuk membuat sesuatu yang baik yaitu karya musik. Penasaran untuk mendengar penggabungan bunyi-bunyian seperti apa yang dijelaskan oleh Cerys Matthews klik saja kata berikut CCRROOTT


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Facebook Favorites More